Latest Updates

Lapangan Kerja Lulusan Pendidikan Bahasa Inggris


Jurusan Bahasa Inggris memiliki lapangan kerja yang lebih luas dari jurusan lain dibawah payung bidang pendidikan, kenapa demikian? Seperti yang dapat kita lihat pada hari ini, dunia telah menjadi semakin kecil dan saling terhubung. Efek penyatuan dunia dalam berbagai bidang ini kita  kenal sebagai globalisasi. Untuk menghadapi globalisasi ini kita memerlukan persiapan yang baik, salah satu hal penting yang perlu kita siapkan adalah kemampuan bahasa asing yang baik. Saat ini bahasa asing yang kita kenal sebagai bahasa internasional adalah bahasainggris. Karena itu penguasaan bahasa Inggris sanagt penting bagi kita yang ingin bergaul secara internasional. Untuk yang sedang bingung memilih jurusan kuliah, dan ingin memilih jurusan pendidikan bahasa Inggris, berikut adalah gambaran tentang lapangan kerja yang mungkin dirambah oleh seorang sarjana pendididan bahasa inggris.

Guru - Tentu saja guru adalah lapangan kerja pertama, namanya juga jurusan pendidikan. Saat ini guru bahasa inggris yang berkualitas sangat banyak dibutuhkan, baik SD, SMP, SMA, bahkan TK pun sudah mulai memasukkan bahasa inggris kedalam kurikulum pendidikannya. Selain di sekolah, mahasiswa atau sarjana pendidikan bahasa inggris juga dapat bekerja part time mengajar di lembaga bimbingan belajar atau memberikan les privat.

Departemen Luar Negeri - Bekerja di luar negeri, tentu tidak menjadi sulit bagi yang menguasai  bahasa inggris, dengan catatan negara tersebut menggunakan bahasa inggris  sebagai bahasa negara. Deplu adalah salah satu instansi pemerintah yang memerlukan orang-orang yang menguasai bahasa inggris, walaupun mungkin (ini mungkin) lebih banyak dibutuhkan lulusan jurusan Hubungan Internasional, tapi paling tidak kemampuan bahasa inggris jurusan P.Bhs. Inggris akan sangat menunjang untuk bekerja di luar negeri.

Tourism Guide - Mungkin tidak banyak lulusan pendidikanbahasa Inggris yang berpikir untuk bekerja kearah pariwisata, secara sempit ini saya lihat di daerah tempat saya tinggal si Kalimantan Barat, industri pariwisata kurang berkembang pesat meskipun banyak sekali objek tujuan wisata yang indah dan tidak kalah dengan daerah lain. Untuk menjadi guide, kita dapat melamar atau mengajukan diri ke sebuah agen pariwisata atau bisa juga promosi sendiri melalui internet. Salah satu kesulitannya adalah biasanya wisatawan asing lebih memilih dengan orang yang berpengalaman, jadi akan lebih mudah kalau kita ikut dulu dengan orang yang lebih berpengalaman.

Perhotelan - Bidang perhotelan juga membutuhkan lulusan jurusan Bahasa Inggris yang menguasai bahasa Inggris dengan baik. Tentu aneh kalau seorang resepsionis hotel yang besar kesulitan berkomunikasi dengan tamunya yang berbahasa Inggris.

Masih banyak lapangan kerja lain yang dapat di tuju seorang lulusan jurusan pendidikan bahasa Inggris, misalnya di perusahaan asing yang beroperasi di Indonesia, wartawan, penterjemah, dan lain sebagainya. Selain itu, lulusan Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris juga memiliki kesempatan yang relatif besar untuk memperoleh beasiswa diluar negeri untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggrisnya. Jadi tidak perlu khawatir terjebak dalam satu bidang saja. Demikianlah sedikit informasi ini, semoga bermanfaat.

23 Responses to "Lapangan Kerja Lulusan Pendidikan Bahasa Inggris"

  1. trus apa lagi ya ?tlng motivasi saya dong soalnya saya mengambil jurusan pend.bahsa inggris dan masih ada keraguan prospek kerjanya

    ReplyDelete
  2. satu hal sangat penting menurut saya, dimanapun kita kuliah kita harus yakin pasti ada masa depan yang cerah, dan kita harus memiliki komitmen untuk melakukan yang terbaik dengan belajar segiat mungkin, kalau kita bisa profesional bukan tidak mungkin orang yang akan datang ke pada kita untuk menawarkan kerja. Soal lapangan kerja, saya pernah membaca tentang masa depan Indonesia yang akan menjadi salah satu pemain yang berpengaruh dalam ekonomi dunia, baik sebagai konsumen maupun produsen, karena itu beberapa negara telah memasukkan bahasa indonesia sebagai mata ajaran di sekolah. Negara tersebut misalnya Australia dan vietnam, kalau kita bisa menggunakan bahasa Inggris dengan baik tentu ada kesempatan bagi kita untuk mengajar disana. Mengajar bahasa Indonesia dengan Bahasa Inggris sebagai pengantar, berani coba? Cari saja di internet tentang hal ini. Jangan batasi cita-cita kita teman. Semoga bermanfaat :-D

    ReplyDelete
  3. terima kasih atas motivasinya,saya berharap bisa bekerja di kedutaan besar luar negeri

    ReplyDelete
  4. thank you so much for your information and motivation..
    i hope i will be tour guide
    amen..

    ReplyDelete
  5. thanks infonya :D min

    ReplyDelete
  6. Saya mengambil jurusan pendidikan bahasa inggris saat kuliah, tepatnya di Universitas Negeri Jakarta. Kebetulan sekali saya melihat judul blog yang menarik perhatian saya untuk berkomentar, terlebih pembicaraan seputar jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Seperti yang saya sebut di awal tadi, saya mengambil jurusan ini saat kuliah S1 dulu, namun setelah memiliki pengalaman sebagai pengajar dan trainer di sekolah2 dan beberapa perusahaan semasa kuliah dulu, saya merasa simply teaching will not satisfy me, jadi saya memutuskan untuk tidak memilih karir sebagai pengajar setelah lulus meski saya sudah mengantungi sertifikat mengajar. Setelah melewati 4 tahun masa studi dengan nilai lumayan bagus di tahun 2008 (saya lulus dengan IP 3,2 meski waktu saya lebih banyak dipakai untuk mencari uang dari mengajar sana-sini saat itu), saya memutuskan mencoba menjajaki peluang lain yg ditawarkan perusahaan swasta sekaligus mencari tahu apa passion saya sesungguhnya. Sampai saat ini sudah 4 perusahaan, baik nasional dan internasional, yang sudah menjadi bagian dari pengalaman kerja saya sejak 2008. Terus terang, sangat menyenangkan punya banyak kesempatan mengenal dunia dan komunitas bisnis yang beragam dan berbeda dari apa yang diajarkan saat kuliah dulu, meski harus memulai dari nol pada saat awal, melewati training dan the tough times lainnya. Namun memang semua didapat dengan kemampuan berbahasa inggris yg baik dan kemauan untuk terus belajar, apapun yg positif untuk mengembangkan potensi diri. Kini saya bekerja di salah satu anak perusahaan BUMN yang bergerak di bidang minyak dan gas, dan tahun ini saya akan mencoba peruntungan saya mendapat beasiswa untuk studi master di luar negeri dengan bidang yang sangat saya minati. Intinya, karir dan prospek pekerjaan tidak sepenuhnya ditentukan jurusan yang kita ambil saat kuliah, tapi justru sangat ditentukan oleh seberapa besar minat kita untuk terus mengembangkan potensi diri dan kemampuan mengkomunikasikan potensi diri kita dengan cara yang smart dan creative. Jika kalian saat ini masih mahasiswa, harus optimis, peluang karir dan sukses kalian tidak terbatas dan dibatasi oleh ijazah yang kalian miliki nanti. Jika nanti merasa kesempatan menjadi terbatas dengan kualifikasi dan ijazah yang didapat, itu artinya bukan ijazah atau jurusannya yang membatasi, tapi justru diri kalian tuh yang membatasi. Selalu ada kompetisi tapi tidak pernah ada batas untuk menggali potensi diri. Just be positive and stay focused to discover your full potential! Good luck.

    ReplyDelete
  7. @27 december 2012
    your advice is so good to me, now i'm not confused to choose the faculty :)
    thank you so much

    ReplyDelete
  8. @Floretina
    you are welcome, sama-sama ya,
    @anonymous
    you are welcome juga,
    @anynomous (yang panjang)
    saya setuju dengan uraiannya, biar bagaimanapun kita harus selalu bersedia untuk terus belajar-dan belajar, masalah tetap di jalur yang sama atau tidak, kembali kepada diri masing-masing, itu hak prerogatif, tidak ada orang yang berhak melarang (kalau mempertanyakan masih boleh kali ya? kan tinggal di jawab... hehe :-D)
    Salam

    ReplyDelete
  9. banyak enaknya ambil jurusan pendidikan bahasa inggris. kita kan tahu bahwasanya bahasa inggris adalah bahasa internasional juga, jadi ruang lingkup kita juga luas (insyaAllah),,
    kita flexible mau melamar kerja di dunia pendidikan, pariwisata, perhotelan, etc.
    so, don't be afraid to choose English.
    Pokoknya banyak enaknya deh.. :)

    ReplyDelete
  10. mau tanya boleh? saya lagi bingung pilih jurusan untuk kuliah, saya sekarang masih kelas 3 SMA bentar lagi lulus, tapi bingung mau pilih jurusan Management atau pendidikan Bahasa Inggris? tolong beri masukan dong, untuk prospek kerja juga , makasih :)

    ReplyDelete
  11. I'm still confused to choice what I am to be... I also interested with this study program but now I'm in science class...

    ReplyDelete
  12. @Yulia Daud, good juga... :-D
    @Elsa, mungkin pertama saya sarankan baca artikel tips memilih jurusan kuliah, untuk yang bahasa inggris mungkin udah kamu baca diatas tapi kalau manajemen memang belum ada saya buat reviewnya, tapi yang jelas menurut saya semua kembali ke pribadi kita masing-masing senangnya yang mana, untuk manajemen setahu saya prospek kerjanya lebih kepada perusahaan-perusahaan yang membutuhkan manajer, di pemerintahan juga dibutuhkan lulusan manajemen, namun saya yakin lulusan manajemen akan memiliki kompetensi yang baik untuk menjadi seorang enterperenure dengan kemampuan dalam bidang ekonomi (bukan uangnya, tapi skill) dan kepemimpinan...

    @annisa, gak perlu bingung kok, kecuali kamu merasa kalau masuk jurusan bahasa inggris ipa kamu jadi gak kepakai, dari jurusan science ke bahasa inggris gak ada masalah kok, bisa-bisa aja, tapi kalau boleh saran kamu bisa aja melanjutkan science kamu, untuk bahasa inggris bisa kamu pelajari dari kursus, kemampuan bahasa inggris kamu bisa dikembangkan dalam kursus atau otodidak dan dimanfaatkan untuk mengembangkan science kamu misalnya untuk keluar negeri (ambil master), atau kalau kamu ingin bekerja diluar negeri untuk bidang tertentu sesuai jurusan yang kamu pilih...
    coba baca yang ini ya "http://skalamahasiswa.blogspot.com/2012/04/pentingnya-bahasa-inggris-bagi.html"... Salam Semangat!

    ReplyDelete
  13. PERSONAL ASSISTANT AND ADMIN
    InnPro is a dynamic company dealing with solutions within globally branded technology and import. We are urgently looking for a energetic candidate with qualifications as below:
    • Female, D3 / S1 Degree from Secretary
    • Min. 2 years of experience as Personal Assistant or Sales and Marketing
    • Having excellent correspondence and administration skills
    • Winning personality and interpersonal skills, extrovert, trustworthy and self-confident
    • Able to work with and meet deadlines - planning ahead
    • Have the ability, interest and desire to find the solutions/answers
    • Self-driven, initiative, service oriented, flexible, willing to do many and various things
    • Ambitious, and result oriented - a person with interest in details and accuracy
    • Having computer skills (minimum MS Office programs)
    • Excellent written and spoken English
    Please email your CV, photo and application to
    info@innpro.co.id

    ReplyDelete
  14. Kalau untuk bekerja di deplu buang saja jauh2 impian itu. Yang dibutuhkan sastra inggris bukan pendidikan bhs -Inggris. Saran saya bila memang tidak tertarik untuk mengajar sastra menjadi pilihan yang lebih tepat. Tetapi bila sudah terlanjur di pendidikan bhs Inggris persiapkan mental dan segala usaha untuk mendapatkan pekerjaan di luar bidang keguruan. Bila memang ingin menjadi guru maka peluang dan potensi lulusan pendidikan bahasa Inggris akan sangat besar namun bila tidak akan benar benar sangat sulit untuk dapat meyakinkan perusahaan bahwa lulusan pendidikan bhs Inggris juga memiliki skill yang sama dengan sastra Inggris. Saya berkata demikian bukan asal asalan namun berdasarkan pengalaman. Saya adalah lulusan pendidikan bahasa Inggris. Gelar saya S.pd. 3 tahun yang lalu ketika lulus saya mendapat beberapa tawaran menjadi guru. Namun karena hal tsb bukan minat saya dan memang dari awal saya sudah melakukan kesalahan dengan memilih pendidikan bahasa Inggris (waktu itu saya pikir kedua jurusan tsb sama) mau tak mau saya berusaha mencari pekerjaan di luar bidang keguruan. Saat ini saya adalah seorang import procurement di salah satu perusahaan penyedia alat berat untuk pertambangan di Jakarta. Posisi itu tidak saya dapatkan dengan mudah. Saya harus berusaha keras meyakinkan hrd dan user bahwa saya mampu melakukan pekerjaan tsb. Belum lagi semua harus dimulai dari nol, belajar import, excel, segala administrasi yang sangat minim saya temui dan pelajari ketika kuliah. Banyak cibiran, cercaan, dan ketidak yakinan dari teman dan atasan karena mereka menganggap lulusan pendidikan hanya bisa mengajar tidak lebih. Dengan saya tunjukkan bahwa saya lulus kuliah dengan nilai memuaskan pun mindset kebanyakan orang tetap tidak berubah "yang namanya sarjana pendidikan ya cuma bisa jadi guru, kalau kerja lainnya ngajarinnya setengah mati" Bahkan saat ini jika membuka lowongan cpns begitu banya lowongan untuk sastra inggris namun hanya 1 atau 2 untuk pendidikan bahasa Inggris. Saya bukan ingin menjatuhkan semangat teman2 disini. Saya hanya ingin berbagi pengalaman agar tidak banyal lagi siswa seperti saya dulu yang berprinsip bahwa sastra dan pendidikan bahasa Inggris itu sama dan bisa saling silang untuk lapangan pekerjaannya. Terima kasih.

    ReplyDelete
  15. tahun 2015 saya lulus SMA dan insyaAllah saya akan kuliah di univ PGRI palembang fakultas bahasa dan sastra inggris sesuai minat dan cita-cita saya dr kecil. namun sy masih ragu bisa luLus test masuk univ apa tidak karena bakat saya dibidang itu masih sedikit meskipun teman2 saya bilang kalau sy cukup mahir dipljrn b.inggris. MINTA DO'ANYA YA SEMUA, SEMOGA SAYA LULUS TEST MASUK UNIV PGRI PALEMBANG DGN JURUSAN B.INGGRIS. AMIIN

    ReplyDelete
  16. Aq seorang mahasiswa yg masi mengikuti perkuliahan di jurusan Pendidikan Bhs.Inggris. dan saat ini saya lgi nyari kerja part time ... kemudian ketemu blog ini,,. setelah baca blog n komentarnya. saya menjadi termotivasi untuk trus melanjutkan perjuangan, Smoga Kita semua mnjadi Orang Berprestasi dan berGuna bgi Negara kiita ini terutama Kluaga kita,, ^^ BE Sucses is OUR Choose ^^

    ReplyDelete
  17. Saya Eni Kiki Purba seorang mahasiswa pendidikan bahasa inggris di Universitas swasta Pematangsiantar. Dlu Saya sempat menyesal dan hampir berputus asa krna dukungan dr sekelilingku minim karena saya ambil jurusan ini. But there is something special yg membuat saya semakin tertantang dan Saya ngerasa nyaman di jurusan ini. Saya hanya ingin berbagi pengalaman bhwa English department sangat dibutuhkan. Kita sangat beruntung memilih jurusan ini. Jadi tetap semangat buat teman2 yg sudah memilih jurusan ini ya ... Percaya deh kalo segala sesuatu sudah diatur Tuhan, JADI JANGAN PERNAH MENYERAH !! :)

    ReplyDelete
  18. mohon maaf buat semua tamu yang udah komen, lama sekali saya merespon... berhubung ada kesibukan dengan studi...

    @mbak Duma Triviananda
    salut denga mbak Duma, terimakasih sudah berbagi pengalamannya, saya yakin bisa jadi pelajaran buat kita semua. Untuk teman-teman yang sedang kuliah, yakinlah dengan pilihan kuliahnya, kalau memang ragu dan masih ada kesempatan, sebaiknya ikuti kata hati, tapi bagi yang sudah punya ketetapan hati, yakinlah semua akan baik pada saatnya. Saya sendiri juga baru tahu kalau sastra dan pendidikan bahasa Inggris itu beda, terimakasih banyak atas pencerahannya mbak.

    @Rosmalla Dewi
    semoga sukses yang mbak, berjuang dengan serius dan semangat, semoga selalu sukses, terutama dengan tujuan studi selanjutnya.. Aamiin

    @mbak yeshii_ajha
    terimkasih atas responnya mbak, Aamiin, semoga kita semua sukses selalu.. Aamiin

    @mbak Eny Kiky Purba
    setuju mbak Eny, jurusan bahasa inggris masih banyak di butuhkan, tetap semangat ya, jangan pernah menyerah.. :D


    ReplyDelete
  19. thanks for information :) and I proud to be English Education Student (y)

    ReplyDelete
  20. Perusahaan kami ada lowongan kerja untuk lulusan bahasa inggris, ada yang berminat silahkan kirim ke hrd@istechgroup.com

    ReplyDelete
  21. Saya juga lulusan bahasa Inggris tahun 2011 dan sekarang lagi sekolah lagi di jurusan yg sama^^ Semoga sukses semuanya deh yg mau ambil jurusan bahasa Inggris jangan takut deh...lowongan pekerjaan luas terbentang..banyak teman-teman saya yang kerja di perusahaan juga selain kerja sebagai guru pengajar

    ReplyDelete

Followers

Kaos Sains

Kaos Sains
Pecandu Ilmu Pengetahuan

Berlangganan Artikel Blog Ini

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner