Latest Updates

Lapangan Kerja Lulusan Jurusan Hukum

Berbagai permasalahan hukum yang pada saat ini sedang hangat-hangatnya membuat praktisi-praktisi hukum semakin di kenal diseluruh Indonesia, misalnya para pengacara-pengacara, jaksa, dan bahkan ada  orang yang tidak terlibat dalam suatu kasus misalnya, diminta pendapatnya terkait permasalahan hukum yang sedang panas dibicarakan masyarakat.  Sekarang, tentu saja bidang hukum akan terlihat sexy bagi banyak calon mahasiswa jika mereka memperhatikan kemana arah peluang-peluang kerja saat ini bergulir. Tapi, apakah lulusan hukum hanya akan menjadi pengacara atau bekerja di pengadilan? Tentu saja tidak, banyak tempat  lain yang bisa di rambah oleh lulusan hukum, namun tentu saja tetap berhubungan dengan hukum. Beberapa lapangan kerja yang siap menyambut lulusan-lulusan hukum yang berkualitas misalnya sebagai berikut:

Pengacara
Mungkin ini adalah profesi yang paling banyak dikenal orang awam sebagai profesi lulusan jurusan hukum. Kalau pendapat saya pribadi, untuk menjadi sorang pengacara yang handal, kemampuan utama yang harus kita miliki adalah kemampuan berkomunikasi. Selain itu, dibutuhkan waktu yang cukup untuk membangun citra sebagai pengacara handal, karena pengacara handal dapat dilihat dari pengalaman-pengalamannya dalam menghadapi berbagai kasus hukum.
Untuk sarjana hukum yang baru saja lulus, biasanya (sebaiknya) magang pada pengacara yang sudah memiliki nama, sehingga dia dapat menggali pengalaman dari pengacara seniornya. Berbagai pihak yang menggunakan jasa pengacara misalnya:
- Perseorangan baik dalam bidang perdata atau pidana
- Perusahaan
- Lembaga swadaya masyarakat

Pegawai Negeri Sipil
Pemerintah adalah pihak yang bertanggung jawab terhadap tegaknya hukum di negara ini, jadi tentu saja pemerintah membutuhkan orang-orang yang mengeri tentang hukum. Cukup banyak lembaga pemerintahan yang setiap tahunnya membutuhkan lulusan hukum, bahkan mungkin hampir setiap lembaga pemerintahan memerlukan lulusan jurusan hukum karena dalam semua kegiatannya, pemerintah harus memiliki landasan hukum.
Termasuk dalam golongan pegawai negeri sipil dari lulusan hukum ini yaitu hakim pengadilan, jaksa dan panitera. Sedangkan lembaga yang membutuhkan lulusan hukum misalnya Kementrian Perdagangan dan UKM, Kementrian Keuangan, Kementrian Hukum dan Ham dan masih banyak lembaga pemerintahan lainnya.

Notaris
Notaris adalah pejabat umum yang berwenang untuk membuat akta otentik. Notaris dalam kehidupan kita sehari dikenal sebagai pejabat yang membuat surat-surat penting, misalnya akta pendirian perusahaan, yayasan dan sebagainya. Menurut undang-undang yang berlaku di Indonesia,  Notaris berwenang membuat akta otentik mengenai semua perbuatan, perjanjian, dan ketetapan yang diharuskan oleh peraturan perundang-undangan dan/atau yang dikehendaki oleh yang berkepentingan untuk dinyatakan dalam akta otentik, menjamin kepastian tanggal pembuatan akta, menyimpan akta, memberikan grosse, salinan dan kutipan akta, semuanya itu sepanjang pembuatan akta-akta itu tidak juga ditugaskan atau dikecualikan kepada pejabat lain atau orang lain yang ditetapkan oleh undang-undang.

Satu hal yang sangat penting untuk mahasiswa hukum adalah memperbanyak membaca, terutama bacaan tentang kasus-kasus hukum yang pernah terjadi di masa lalu. Bacaan ini dapat menjadi pengalaman tanpa harus kita mengalaminya langsung. Dan yang lebih penting lagi adalah, menjadi praktisi hukum yang bermoral dan menjunjung tinggi kebenaran. Karena semua yang kita lakukan di dunia ini akan dipertanggung jawabkan di hari akhir kelak.

Gambar:
Kaze Kate - https://www.flickr.com