Latest Updates

Pengertian Sistem Kredit Semester

Pada saat sekolah kita belajar berdasarkan kurikulum mata pelajaran yang semuanya wajib, pada saat kuliah kita belajar berdasarkan beban mata kuliah yang disebut SKS. Beban ini ada yang wajib (seperti di sekolah), ada yang pilihan. Selanjutnya apakah yang disebut SKS?

Sebenarnya sudah banyak yang membahas soal Sistem Kredit Semester (SKS) ini, disini saya coba bahas secara lebih sederhana (mudah-mudahan). SKS adalah angka beban kuliah yang diambil oleh seorang mahasiswa setiap semester kuliah yang dijalaninya, yang dapat kita artikan berapa banyak waktu yang kita habiskan untuk satu mata kuliah dan praktikumnya, jelasnya:

1 SKS kuliah = 50 menit tatap muka kuliah/perminggu, kuliah dapat berupa tugas-tugas yang diberikan beberapa kali persemester.
1 SKS praktikum = 3 jam praktek perminggu,

Setiap mata kuliah memiliki jumlah SKS-nya sendiri tergantung seberapa berat bahasan yang dimilikinya atau seberapa banyak bahasannya. Jumlah SKS paling kecil untuk mata kuliah biasany adalah 1 SKS dan paling besar biasanya 6 SKS.
Berikut ini ilustrasi beban kuliah yang diambil seorang mahasiswa MIPA pada semester 1:
Biologi Umum                4 SKS        3-1
Kimia Dasar                   3 SKS        2-1
Fisika Dasar                   3 SKS        2-1
Kewarganegaraan          2 SKS        2-0
Bahasa Indonesia           2 SKS        2-0
Matematika Dasar         3 SKS        2-1
Pendidikan Agama         2 SKS        2-0
Jumlah                          19 SKS      15-4

Jumlah 19 SKS dengan pembagian 15 SKS kuliah kelas dan 4 SKS praktikum berarti
15 x 50 menit pertemuan kuliah/minggu, dan
4 x 3 jam praktek/minggu.
Jumlah SKS yang diambil seorang mahasiswa dalam satu semester biasanya maksimal 24 SKS, karena hampir tidak mungkin seorang mahasiswa dapat mengatur waktunya kalau lebih dari itu.
Berapa jumlah yang dibutuhkan seorang mahasiswa untuk menyelesaikan kuliahnya?
Untuk program sarjana (S1) seorang mahasiswa harus menyelesaikan 144 - 160 SKS yang dapat diselesaikan antara 2,5 sampai 4 tahun. Sedangkan program D3 mempersyaratkan 110 - 120 SKS yang biasanya dapat diselesaikan selama 2,5 tahun.

Seperti itulah gambaran tentang SKS di perkuliahan, semoga info ini dapat membantu dan bermanfaat.
Salam.