Latest Updates

Perbedaan SMA dan Perguruan Tinggi

Mungkin Anda berpikir perguruan tinggi (PT) hanya satu tingkat di atas SMA, namun ada beberapa perbedaan antara keduanya, dan Anda harus siap untuk apa yang akan Anda hadapi di PT. Berikut adalah beberapa perbedaan yang paling penting:

Kondisi Kelas
Di SMA, sebagian besar kelas Anda diberikan langsung kepada Anda dalam bentuk paket pelajaran, kelas 1 pelajarannya seperti ini, kelas 2 seperti itu dst. Dan untuk berbagai pelajaran tersebut telah tersedia dengan banyak bahan dan buku. Anda mungkin juga memiliki konselor bimbingan yang memberitahu Anda program yang sesuai untuk Anda ambil, IPA, IPS atau Bahasa. Di perguruan tinggi, Anda bertanggung jawab sendiri untuk mendaftar kelas yang perlu Anda ambil untuk lulus (jika Anda memerlukan bantuan untuk ini, Anda akan perlu untuk membuat janji dengan seorang konselor). Dan bahan kuliah harus Anda cari dan beli sendiri, tidak ada buku pakte seperti di SMA. Hampir semua buku teks di perguruan tinggi mahal, Anda bisa meminjamnya sendiri di perpustakaan kampus. Dan Anda harus tahu langkah selanjutnya jika tidak mampu membelinya. :D

Guru dan Dosen
Guru SMA cenderung menjadi sedikit lebih akomodatif kepada siswa mereka daripada dosen. Guru SMA Anda mungkin memastikan mereka tahu nama dan beberapa hal penting tentang Anda. Mereka juga memantau nilai dan kehadiran Anda, memberikan catatan bila Anda melewatkan kelas, dan mengingatkan Anda tentang tugas yang akan datang dan tes. Banyak dosen tidak pusing dengan absensi atau memiliki waktu untuk memastikan semua mahasiswanya mendapatkan nilai yang memuaskan untuk semua kuliah mereka. Jika Anda melewatkan kuliah, bersiaplah untuk meminjam catatan dari teman sekelas. Jika Anda masuk sebuah perguruan tinggi besar atau universitas, profesor Anda mungkin bahkan tidak akan mencoba  mengingat nama Anda, karena mereka memiliki ratusan siswa setiap semester. Juga, ingat bahwa jika Anda ingin bertemu empat mata dengan dosen Anda, Anda tidak akan bisa berkeliaran setelah kelas seperti yang Anda lakukan di SMA, Anda harus membuat janji dengannya selama jam kantor atau Anda dapat menghubunginya via email.

Ujian atau Tes
Tes di SMA biasanya lebih sering terjadi, bahannya lebih sedikit, dan hitungannya kurang besar terhadap nilai pelajaran Anda secara keseluruhan dibandingkan ujian di perguruan tinggi. Di perguruan tinggi, Anda mungkin hanya akan memiliki dua atau tiga ujian per semester, dan mereka biasanya mencakup beberapa bab dan memiliki persentasenya lebih besar terhadap nilai akhir Anda. Sebagian besar waktu, profesor Anda tidak akan meninjau kembali materi ujian dengan Anda sebelum ujian, itu akan menjadi tanggung jawab Anda untuk mempelajari catatan dan bahan dan bersiaplah. Juga, kebanyakan dosen tidak akan ujian susulan, sehingga mahasiswa harus berusaha untuk tidak melewatkan kelas pada hari ujian. Biasanya ujian di PT terdiri dari ujian tengah semster dan akhir semester.

Perlu diingat bahwa ada sejumlah perbedaan antara perguruan tinggi dan SMA, dan terserah kepada Anda, mahasiswa, apapun yang Anda harapkan Anda sendiri yang bertanggung jawab atasnya.


Berusahalah yang terbaik. Setelah itu serahkan pada-Nya.

0 Response to "Perbedaan SMA dan Perguruan Tinggi"

Post a Comment