Latest Updates

Kuliah Sambil Kerja

Kuliah sambil kerja merupakan salah satu usaha sebagian mahasiswa untuk tetap  dapat mengenyam dunia pendidikan tinggi. Sebenarnya ada jalan lain yang bisa ditempuh untuk membiayai kuliah, misalnya beasiswa, namun tidak semua mahasiswa juga yang bisa mendapatkan beasiswa kuliah. Sedikit informasi untuk teman-teman yang kesulitan dengan biaya kuliah. Jika kuliah sambil kerja adalah pilihan kalian yang paling mungkin, dan kalian ingin cepat selesai maka pilihlah jurusan yang paling sesuai.

Jurusan yang paling memungkinkan untuk kuliah sambil kerja adalah jurusan-jurusan di bidang IPS, kenapa demikian? Hal ini disebabkan jurusan-jurusan di bidang IPS relatif lebih sedikit praktikum dibandingkan bidang IPA. Misalnya jurusan Biologi, di jurusan Biologi, sistem kredit semester umumnya tiap mata kuliah memiliki 3 SKS (sistem kredit semester). Tiga SKS ini terdiri dari 2 Kuliah di kelas yang sama dengan 2x50 menit, dan 1 sks praktikum yang sama dengan 3 jam di laboratorium. Sehingga total waktu kita di kampus hampir 5 jam, hal ini kurang sedikit atau lebih sedikit dari waktu yang dihabiskan oleh jurusan-jurusan lain di bidang IPA dalam seminggunya.

Sangat berbeda dengan bidang IPA, IPS jarang praktikum, dan kalau praktikum biasanya adalah adalah praktikum literatur atau hitung-menghitung seperti di jurusan akuntasi. Tapi ada juga jurusan IPA yang mungkin cukup mudah bagi mahasiswanya untuk bekerja sambilan diluar kampus, contohnya adalah jurusan teknik elektro, informatika dan pendidikan bahasa inggris.

Mahasiswa di jurusan teknik elektro misalnya bisa mendapat-elektronik yang rusak mulai dari radio hingga laptop, jurusan informatika misalnya dapat  berjualan secara online, jasa-jasa yang berkaitan komputer, dsb. Jurusan bahasa inggris, kerja sambilan yang paling sesuai adalah mengajar les bahasa inggris, mengingat kebutuhan akan bahasa inggris pada saat ini, tidak sedikit orang tua yang memberikan les tambahan ke pada anaknya agar anaknya lebih pandai dalam berbahasa bahasa internasional ini. Jurusan lain yang bisa juga menjadi guru les misalnya jurusan pendidikan MIPA dan MIPA murni, yang diperlukan hanya waktu yang cukup.

Tentu saja mahasiswa dari semua jurusan bisa kuliah sambil kerja, tapi kembali lagi masalah waktu dan tentu saja kemampuan kita dan lowongan yang tersedia. Tapi tetap ingat, kuliah nomor 1.
Terimakasih sudah membaca, mudah-mudahan bermanfaat.