Latest Updates

Membuat Slide Presentasi yang Efektif


Bagaimana Membuat Slide Presentasi yang Efektif? - Metode kuliah dua arah yang sekarang semakin di anjurkan dalam dunia pendidikan turut mendukung pengembangan kemampuan mahasiswa dalam menyampaikan pemikirannya, tidak hanya menerima saja dari apa yang diberikan dosen. Presentasi adalah salah satu bagian dari metode yang digunakan dalam kuliah dua arah ini. Mahasiswa membuat makalah dan mempresentasikannya di depan kelas kepada dosen dan teman-temannya baik secara perorangan maupun secara berkelompok.

Dari banyak presentasi makalah yang pernah saya ikuti, terdapat berbagai macam gaya presentasi baik (lain orang lain gaya, Tentu saja!). Perbedaannya pada dua hal, gaya presentasi dan slide presentasi (sepertinya memang hanya dua hal ini yang jadi bagian presentasi). Disini saya mencoba membahas bagaimana membuat slide presentasi yang baik agar presentasi kita menjadi menarik, efektif dan efisien.  Untuk tools-nya belajar sendiri saja ya. To The Point:

Power Point =/ Power Sentence
Dalam presentasi, kita seharusnya membuat Power Point, bukan Power Sentence.  Namun dalam banyak kesempatan saya sendiri masih sering sekali melihat presentator yang mempresentasikan slidenya yang lebih banyak diisi dengan kalimat-kalimat panjang, mengajak pendengarnya untuk menguap.  Hal ini harus dihindari, karena selain memakan waktu, presentasi anda akan sangat membosankan.  Untuk menghindari power sentence, pilih kata-kata yang benar-benar penting dari materi yang akan disampaikan sehingga power point hanya berisi kalimat-kalimat singkat namun jelas.

Background
Background yang baik membuat audiens tertarik tanpa kehilangan fokus terhadap materi yang dipresentasikan. Terlalu banyak corak akan mengganggu pandangan pendengar, background yang terbaik (menurut saya) adalah polos.  Hindari juga backgroun yang gelap, biasanya backgroun gelap akan membuat huruf-huruf dalam slide menjadi kurang jelas. Selain itu backgroun gelap akan membuat mata audiens cepat lelah dan jadi mengantuk juga. Jika kamu bosan dengan theme PPT di microsoft PPT, kamu juga bisa membuat sendiri dengan photoshop.

Font/ Huruf
Pemilihan font juga sangat penting dalam menyampaikan suatu presentasi. Hindari menggunakan font yang terlalu banyak aksennya, gunakan yang sederhana.  Jenis font yang dianjurkan misalnya Arial dan Helveutica, keduanya memiliki bentuk yang sederhana sehingga mudah dibaca.  Ukuran maksimal font bisa kamu perkirakan sendiri, tapi untuk ukuran minimalnya gunakan ukuran font 18 agar huruf tetap terbaca di dalam kelas.

Gambar
Kata orang bijak, gambar bisa bicara 1000 kata, seorang dosen saya pernah presentasi dengan slide yang hampir berisi gambar saja. Penggunaan gambar sangat efektif untuk menyampaikan materi kita, namun untuk makalah kalimat-kalimat penjelas tetap diperlukan karena biasanya slide kita akan dijadikan bahan belajar juga untuk teman-teman. Gunakan gambar yang relevan dengan materi, menambahkan sedikit humor juga akan sangat baik.

Animasi
Animasi sering juga kita temui dalam suatu slide presentasi (kalau saya jarang memakainya).  Animasi sebaiknya digunakan kalau kita membawakan suatu materi tentang proses sesuatu. Jika tida, hindari menggunakan terlalu banyak animasi, karena hanya akan memecah konsentrasi para audiens.

Cukup sekian dulu tipsnya, mudah-mudahan bermanfaat. Tambahan atau kritikan sangat saya harapkan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam presentasi (termasuk saya sendiri), silahkan tulis di kotak komentar di bawah ya.


0 Response to "Membuat Slide Presentasi yang Efektif"

Post a Comment

Followers

Kaos Sains

Kaos Sains
Pecandu Ilmu Pengetahuan

Berlangganan Artikel Blog Ini

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner